Posted in Diary Cuap Cuap

Laki-Laki Pintar Masak, Why Not ??

Ya, tulisan ini terinspirasi dari seorang teman. Saat itu, tanpa sengaja, saya memergoki beliau lagi asyik masak di dapur saat saya berkunjung ke rumahnya. Kagum. Baru kali ini saya melihat langsung laki-laki masak di dapur.

Sebenarnya, ini bukan hal yang “wah” banget sih. Justru ini sebuah tuntutan yang wajar ketika kamu tinggal sendirian.  Segala sesuatunya harus bisa kamu lakukan sendiri. Nyapu, nyuci, hingga nyiapin makanan. Tapi terlihat berbeda ketika yang melakukan semua itu adalah kaum Adam. Apalagi kalau yang melihat tergolong kaum yang nggak pandai masak, termasuk saya. hehehe 😀

Sudah menjadi pemandangan yang tidak asing kalau laki-laki pandai memasak.  Kamu pasti sering melihat yang berprofesi sebagai chef di hotel dan restoran terkenal adalah laki-laki. Lantas, para kaum hawa kemana?? Kok jarang yang berprofesi sebagai chef?? Ya, mungkin seiring perkembangan zaman, dan boomingnya kata “emansipasi wanita”, para kaum hawa lebih tertarik terjun ke dunia kerja dibanding dunia dapur. Padahal yang dituntut pandai memasak justru perempuan. Bahkan terkadang itu menjadi salah satu syarat menjadi istri yang baik.. hehe
Jadi teringat sebuah percakapan dua senior saya semasa KKN. Mr.F (senior cowok prodi Food Science & Technology) dan Mrs.U (senior cewek prodi Agriculture Engineering). Mereka terlibat dalam sebuah diskusi kecil yang membahas tentang gender..

Mr. F  :    Kau tuh salah masuk jurusan, masa’ cewek main mesin-mesin?

Mrs.U :   Kita’ itu yang salah. masa’ cowok masak-masak. cewekji itu yang memasak nah

Mr. F  :    nah itu kamu tau, artinya kamu yang salah jurusan. Lagipula apa salahnya cowok memasak? lihatmi       chef-chef di restoran terkenal, rata-rata cowok semua. Kalo pun ada cewek,sedikit sekali ji. Bagaimana mini??

Saya   :    (Masih pasang wajah bingung)

Mrs.U  :    Kan ada itu namanya emansipasi wanita, jadi perempuan itu bisa juga belajar apa yang nakerja laki-laki. toh Min?

saya     :    (Semakin terpojok,tak tahu mau bela siapa)

diskusi pun semakin melebar.. sampai akhirnya

Saya    :    nda’ salah jeki Mrs.U,  berkat RA Kartini (tetiba sok jd ahli sejarah) emansipasi wanita gencarmi sekarang..jadi wajar ji klo main mesin-mesin ki. Setidaknya bisa mi mandiri klo ada mesin dirumah yg rusak. Mr.F juga benar ji. Laki-laki juga nda masalah ji bisa masak. Apalagi klo nda adapi istrinya.. toh, lihat miki dipinggir jalan,, rata2 penjual  martabak sama gorengan, laki-laki semua yg menjual.

Kuhentikan percakapan itu dengan sebuah pernyataan yg dianggap cukup menjatuhkan statement Mr.F saat itu,, hahaha.

Saya sendiri baru tertarik mencoba memasak setelah perkemahan dibangku SMP. Waktu itu, salah satu anggota regu kami salah masak menu, yang tadinya pengen masak nasi, malah jadi bubur. Entah karena ia terlalu polos, dia menganggap masakannya itu gagal dan langsung dibuang. Padahal kalau ditambah garam, irisan daun bawang, potongan telur, suwiran ayam dan kacang goreng, maka jadilah bubur ayam.
Tapi nasi benar-benar udah jadi bubur. Dia tak menyadari stok beras kami sudah habis. Tak mungkin memasak lagi sementara perut keroncongan dan waktu istirahat udah hampir habis. Nekatlah kami meminta makanan di camp anak cowok. Dan sungguh beruntungnya kami, mereka sedang masak. Betapa bahagianya perut kami saat itu,, ahhahah 😀

Saat melihat mereka memasak, saya tersadar. Ada perasaan malu saat itu, “cowok aja bisa masak, kok saya nggak??”
Setelah peristiwa itulah,, saya mulai belajar masak, meskipun sampai sekarang masih nggak begitu pandai. Masih dengan menu sederhana dan apa adanya.

Wahai calon imamku,, mohon jangan baca ini. Kahawtir kamu akan menolakku karena tak pandai meyakinkan ibumu bahwa anaknya akan baik-baik saja dengan makanan yang kubuat. Kalaupun kamu udah baca, please, pintarlah memasak daripada diriku, agar kamu dapat mengajariku.. *eeaaaaa 😀

Advertisements

2 thoughts on “Laki-Laki Pintar Masak, Why Not ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s