Posted in Diary Cuap Cuap

karena Pete-pete punya cerita

Angkot.. siapa sih yang nggak kenal? di Makassar, angkot terkenal dengan nama Pete-pete. Semenjak kuliah, satu-satunya kendaraan yang paling sering saya gunakan hanyalah pete-pete ini. Kalo pun saya naik motor, ojek atau bentor, itu karena nggak ada satupun pete-pete yang lewat di tempat yang saya tuju. Atau mungkin ada seseorang yang berbaik hati memberikan tumpangan,, hehe..

Ada banyak hal IMG_11272014_075556menarik yang bisa kamu temui di pete-pete. Pertama, kamu bisa menikmati pemandangan kota yang terhampar sepanjang jalan. Ditemani angin sepoi-sepoi dan asap kendaraan dari balik jendela, kamu bisa perhatiin bangunan-bangunannya, kendaraan yang lalu-lalang hingga yang kena tilang, atau orang-orang yang menjadikan jalanan sebagai tempat mereka mencari nafkah.

Yang kedua, kamu bisa ketemu dengan orang-orang yang berbeda tiap harinya. Beruntung kamu bisa dapat kenalan baru atau gebetan *eh. Biasanya kalo berangkat pagi-pagi, kamu bisa ketemu ama orang kantoran, anak sekolah, anak kuliahan atau ibu-ibu rumah tangga yang tujuannya ke pasar. Ada yang berwajah cerah ceria dan sumringah hingga bermuka kusut dan mengantuk akibat begadang semalaman. Ada yang ngemut roti karena nggak sempat sarapan, atau mungkin yang nggak sempet dandan. Ada yang rempong dengan barang bawaannya, atau mungkin dengan anak-anaknya. Macam-macam deh.

Hal lainnya, ujian kesabaran. Di pete-pete, kesabaran kamu diuji bro. Sabar ketika kamu sedang buru-buru tapi si abang sopir lama banget ngetem alias nunggu penumpang. Sabar ketika kamu dapat kebagian tempat duduk paling dikit dan terhimpit pula oleh penumpang di kanan kiri kamu. Sabar ketika lagi macet-macetnya sementara hawa panasnya cetar membahana hingga keringat kamu bercucuran ditambah jendelanya sama sekali nggak bisa kebuka *arrghh. Sabar ketika kamu duduk deket speaker sementara abang sopir nyetel musik keras-keras. Sabar ketika orang yang duduk di sebelah kamu lagi ngerokok dan itu mengharuskan kamu buat acting batuk-batuk biar dia sadar klo itu mengganggu, tapi dianya malah nggak peka. Sabar ketika abang sopirnya ngebut. Sabar ketika pete-petenya mogok. Sabar karena di PHP ama abang sopir hingga kamu harus berganti pete-pete di tengah jalan sebelum kamu nyampe ditujuan.

Yah, apapun bisa terjadi. Karena pete-pete selalu punya cerita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s